18/07/2024

Stok Sayur Supaya Tidak Mudah Busuk dan Layu, Ketahui Tipsnya

 Stok Sayur Supaya Tidak Mudah Busuk dan Layu, Ketahui Tipsnya

Bahan makanan memang harus selalu tersedia setiap hari di dapur. Tapi buat mom yang engga mungkin bisa setiap hari belanja bahan makanan, tentu menggunakan pola belanja bulanan atau mingguan untuk memenuhi isi dapur mesti dilakukan. Sayangnya, tidak semua bahan makanan awet disimpan dalam waktu seminggu.

@ibupintar.indonesia akan memberikan tips menyimpan bahan makanan agar tetap awet dengan teknik foodprep. Pengelola instagram @ibupintar.indonesia Kadek Ayu Windasari, Rabu (22/9/21) menerangkan, cara menyetok sayuran agar tetap segar dan tidak terbuang percuma ya mom.

Teknik foodprep adalah cara melakukan penyimpanan makanan dalam wadah khusus agar awet dalam waktu tertentu. Bahkan ada yang bisa disimpan dalam kurun waktu sebulan loh mom. Apa saja sih sayuran dan bumbu masak yang sering kita stok dirumah dan bagaimana caranya? Berikut ulasannya:

Baca Juga :  Baterai Perlu Distandarkan, PLN Dukung IBC MoU dengan Produsen Motor Listrik

1. Sayuran hijau seperti bayam kanggung, sayur hijau, kol, dan yang lain. Mom bisa hilangkan dulu akarnya lalu petik atau potong kecil – kecil daunnya saja. Tempatkan pada wadah plastik yang sudah diberi alas kertas atau tisu kering agar tidak lembab atau basah. Bila perlu jangan dicuci dulu ya mom sayurnya.

2. Bawang bawangan, kentang dan jahe.
Nah, untuk bahan ini cukup diletakan di udara terbuka memakai keranjang atau wadah berlubang agar sirkulasi udara baik. Jangan lupa cuci sebelum digunakan.

3. Tauge
Untuk tauge mom bisa letakan pada wadah plastik yang diisi air bersih. Rendam tauge. Ganti air tiap 2 hari sekali.

4. Tempe dan tahu
Jika mom suka memasak tempe, cukup simpel. Potong sesuai kebutuhan letakkan pada wadah yang diberi alas tisu kering. Tahu bisa mom rendam di wadah sudah terisi air dan garam secukupnya. Ganti air dalam wadah secara berkala.

5. Sayur seperti brokoli, bunga kol
Mom bisa bungkus menggunakan kertas bersih tidak perlu di potong dan masukan ke kulkas.

6. Seledri dan daun bawang
Mom bisa potong kecil – kecil sesuai selera. Letakkan pada wadah dan masukan freezer untuk dibekukan. Bisa awet sebulanan lebih lho mom. Saat diperlukan tinggal ambil secukupnya mom.tta

Jangan lupa kunjungi instagram @ibupintar.indonesia untuk ikut kelas – kelas berumahtangga ya mom..