27/07/2024

Siap -siap Mulai Hari Ini Beli Solar Subsidi Harus Tunjukkan QR Code

 Siap -siap Mulai Hari Ini Beli Solar Subsidi Harus Tunjukkan QR Code

Area Manager Communications, Relations, and CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Deden Mochammad Idhani/BDN

Pertamina mulai melakukan ujicoba full cycle pembelian solar bersubsidi dengan menunjukkan QR Code di wilayah Bali. Uji coba gelombang I ini mulai dilakukan pada (26/1/2023) di lima kabupaten yaitu Badung, Bangli, Gianyar, Denpasar, Tabanan. Sedangkan pada tahap II dilakukan pada (30/1/2023) di Jembrana, Buleleng, Klungkung, Karangasem.

Area Manager Communications, Relations, and CSR, Deden Mochammad Idhani, Selasa (24/1/2023) mengatakan, tujuan diterapkannya penggunaan barcode atau QR Code dalam setiap pembelian BBM bersubsidi khususnya solar agar dapat disalurkan tepat sasaran serta menghindari penyalahgunaan di lapangan.

Baca Juga :  Apresiasi untuk Pelanggan, PLN Gelar Promo Belanja Nyaman Listrik Aman di Marketplace PLN Moblie

Ia mengimbau masyarakat yang menggunakan kendaraan khususnya roda empat berbahan bakar solar untuk segera mendaftarkan kendaraannya di aplikasi MyPertamina atau SPBU terdekat. Karena jika tidak mendaftar ada konsekuensinya.

Bagi yang menggunakan QR Code akan mendapatkan kuota solar subsidi untuk kendaraan pribadi roda empat, umum sebanyak 60 Liter per hari. Sementara untuk kendaraan umum dan barang akan mendapatkan 80 liter per hari. Sedangkan untuk kendaraan dengan roda enam ke atas akan mendapatkan kuota sebanyak 200 liter per hari.

Baca Juga :  Grand Hyatt Bali, Salah Satu Hotel Tempat Warm Up PPLN

Sementara kendaraan yang belum terdaftar, hanya mendapat kuota 20 liter per hari. Dengan demikian, menggunakan QR Code mendapatkan kuota lebih banyak. Program subsidi tepat ini dilakukan secara bertahap setelah sebelumnya dilaksanakan di 34 kabupaten/kota di Indonesia, di luar Bali.