08/09/2024

Resertifikasi SNI ISO 21001:2018 Universitas Warmadewa 2024, 15 Unit Kerja Akan Di Audit

 Resertifikasi SNI ISO 21001:2018 Universitas Warmadewa 2024, 15 Unit Kerja Akan Di Audit

Pembukaan surveillance ISO 21001: 2018 tahun 2024 Universitas Warmadewa, Selasa (26/3/2024)

Denpasar- Universitas Warmadewa (warmadewa.ac.id) melalui Badan Penjamin Mutu (BPM) melaksanakan resertifikasi SNI ISO21001:2018 tentang sistem organisasi manajemen pendidikan oleh oleh PT. Sucofindo. Acara pembukaan untuk resertifikasi tersebut berlangsung di Ruang  Sidang Sri Ksari Mandapa Unwar pada, Selasa (26/3/2024).

Acara  dihadiri  oleh Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Rektor Unwar, para Wakil Rektor, Dekan di lingkungan Unwar, para Wakil Dekan , para Direktur, Ketua Program Studi, Kepala Badan yang ada di lingkungan Universita Warmadewa serta sejumlah dosen.

Tim auditor Surveillance SNI ISO 21001:2018 pada tahun 2024 dari PT. Sucofindo adalah Holys (Auditor Tim Leader dan Evaluator ) dan Andi Dewi S Syamsul (Auditor Tim Leader in Evaluation). Untuk diketahui resertifikasi SNI ISO 21001:2018 tahun ini dilaksanakan lantaran sertifikasi  sebelumnya masa berlakunya berakhir pada 8 April 2024 mendatang. Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 26-28 Maret 2024, dengan mengaudit 15 Unit Kerja.

Rektor Universitas  Warmadewa, Prof. Dr. Ir I Gde Suranaya Pandit, M.P., menyampaikan selamat datang untuk tim auditor.  Dikatakan bahwa untuk saat ini kehadiran tim auditor  PT. Sucofindo  untuk melakukan evaluasi  guna membuktikan konsistensi terkait dengan sasaran mutu yang ingin dicapai Unwar.

Baca Juga :  Bank Indonesia Bali Lanjutkan Kolaborasi Adakan Vaksinasi Booster Untuk Masyarakat

“8 April 2024  nanti sertifikat ISO yang lalu sudah berakhir, tiba saatnya untuk diperbaharui  dan proses pembaharuan itu akan dilakukan melalui audit ISO terhadap sasaran-sasaran mutu yang telah ditargetkan,” katanya.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Prof. Dr. Drs.  Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si.,  dalam sambutannya  menekankan kepada semua jajaran di Universitas Warmadewa  untuk memanfaatkan waktu selama proses resertifikasi SNI ISO ini dengan baik.

Ia menjelaskan, bahwa Universitas Warmadewa sudah memiliki sertifikasi SNI ISO 21001: 2018  tiga tahun lalu dan saat tahun ini akan dilaksanakan kembali resertifikasi.

“Sekarang beliau datang untuk mengecek kembali  apakah  sudah berkelanjutan atau mandek atau malah mengalami penurunan nanti akan dilihat kembali,” jelaskan.

Baca Juga :  Pandangan Antropolog Tentang Agama Sunda Wiwitan

Menurutnya, ISO akan  membantu pihaknya  dalam mempersiapkan akreditasi yang  dilaksanakan oleh DIKTI nantinya.

“Jadi sertifikasi ini bukan dua hal yang berbeda tapi berkelanjutan. Prosesnya ada di ISO, outcome, output ada di DIKTI,” lanjutnya lagi.

Auditor Tim Leader in Evaluation PT. Sucofindo, Andi Dewi Sartika Syamsuli menyampaikan ucapan terimakasih kepada Universitas Warmadewa karena telah konsisten memperbaharui apa yang menjadi konteks organisasi. Serta isu eksternal dan internal benar-benar diperhatikan dan diterapkan menjadi quality objektif atau indikator kinerja usaha (sasaran mutu).

Baca Juga :  Unwar Lepas 256 Orang Lulusan, Wisudawan Terima Ijazah Berbasis Digital dan Bilingual

“Sasaran mutu inilah yang membawa kita di tempat ini  untuk melihat,mereview, merefleksi kembali apa yang sudah dilakukan dengan implementasi dengan sistem manajemen mutu  dan sejauh apa sistem manajemen ini disiplin dijalankan,” ungkapnya.

Dikatakan, pihaknya dalam hal ini akan melihat sejauh mana sistem manajemen organisasi pendidikan yang telah dijalankan di Unwar  dan apakah telah berjalan sesuai dengan  kriteria tim audit. Adapun kriteria  audit tersebut adalah sistem manajemen organisasi pendidikan itu sendiri  dan beberapa regulasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. ***