18/10/2024

Motor Penggerak Perekonomian, BPD Bali Dorong UMKM

 Motor Penggerak Perekonomian, BPD Bali Dorong UMKM

Bank BPD Bali mendorong UMKM untuk pulih lebih cepat karena UMKM merupakan motor penggerak perekonomian.Selain itu, UMKM juga dapat meningkatkan ketahanan bisnis perbankan.

 

Direktur Utama Bank BPD Bali I Nyoman Sudharma, Senin (31/7/2023) mengatakan, peningkatan ketahanan kelembagaan dilakukan dengan langkah penguatan permodalan dan penguatan GRC serta GCG (good corporate government).

 

Baca Juga :  OJK LUNCURKAN PETA JALAN PENGEMBANGAN DAN PENGUATAN LEMBAGA PENGELOLA INFORMASI PERKREDITAN 2024-2028

Upaya itu juga diimbangi dengan peningkatan kemampuan sebagai Agent of Regional Development berupa peningkatan pertumbuhan DPK dan Kredit, juga mendorong UMKM sebagai motor penggerak perekonomian dan pembangunan daerah.

 

Selain itu, Bank BPD Bali juga menjadi penerbit Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) Pertama yang dapat mempercepat akses belanja pemerintah. Lewat KKPD ini, BPD Bali juga dapat mendorong UMKM mengingat belanja daerah 40% harus dari UMKM.

 

Baca Juga :  Promosi UMKM dan Budaya Bali— Bank Indonesia Kembali Gelar Bali Jagadhita Culture Week 2023

“KKI/KKPD Bank BPD Bali mendukung penguatan modal bagi UMKM lokal yang menjadi merchant Pemerintah Daerah. Hal itu karena dengan mendapatkan pembayaran atas pembelian barang dan jasa tanpa penggunaan pembayaran dan dapat dijadikan sebagai salah satu trigger pemanfaatan teknologi digital untuk transaksi pada jajaran pemerintah daerah yang mengacu pada bisnis proses eksisting Pemda,” ujarnya.

KKI Bank BPD Bali dapat dijadikan sebagai solusi transaksi pemerintah daerah Bali yang dapat digunakan di seluruh Indonesia. Fasilitas KKI juga mendukung program percepatan dan perluasan daerah yang bebas biaya serta mampu mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah dan kontrol keuangan Pemerintah daerah yang lebih baik,” ungkapnya.