29/03/2024

Jangan Sampai Banyak Terbuang, Simak Trik Kelola Dapur

 Jangan Sampai Banyak Terbuang, Simak Trik Kelola Dapur

Hai sahabat @ibupintar.indonesia… Kembali lagi minggu ini seperti biasa kita membahas tentang tips dan trik  berhemat ala mama muda milenial.

Sering ngga sih, pengen masak masakan sendiri tapi bingung buat apa. Alhasil, ketika belanja di pasar tradisional atau pasar rakyat, semua bahan yang terlihat enak dibeli, tapi ujung – ujungnya tidak terpakai.

Sahabat @ibupintar.indonesia, dalam kegiatan perdapuran sehari – hari kita bisa menerapkan teknik food preparation agar kita bisa lebih hemat mom. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam ilmu perdapuran :

Baca Juga :  Gaji UMR Engga Cukup Buat Bayar Ini Itu? Simak Caranya !

1. Biasakan susunlah Rencana Keuangan Keluarga setiap bulannya. Jadi sudah jelas kan mom berapa budget untuk keperluan dapur.

2. Mom harus tau makanan apa saja yg bergizi dan disukai seluruh anggota keluarga. Misal mom katagorikan bahan makanan yg mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati, buah buahan. Agar kebutuhan gizi keluarga tercukupi walau dengan menu yang sederhana ya mom.

3. Buatlah Meal Plan ( rencana hidangan dalam seminggu) . Kenapa seminggu? Karena bahan makanan sekiranya masih dalam kondisi segar ya mom. Berbelanja mingguan untuk bahan makanan lebih disaran kan daripada harian karena menghemat waktu juga mom.

Baca Juga :  Pasukan Elit Mampu Lakukan Pemeliharaan Tanpa Pemadaman

4. Berbelanja lah sesuai dengan Meal Plan yang dibuat agar sesuai dengan bugjet yg tersedia. Usahakan berbelanja sendirian ya mom agar lebih focus dan tidak ada belanja tambahan diluar list Meal Plan.

5. Setelah berbelanja gunakan tehnik food prep untuk penyimpanan agar bahan makanan lebih awet dan praktis saat digunakan. Memasak pun akan lebih cepat dan menyenangkan.

Jadi mom bisa manfaatkan waktu weekend dengan berbelanja dan menyiapkan foodprep. Masukan ke wadah plastik dan simpan dalam kulkas dengan rapi.

Tehnik food prep ini sangat berguna untuk para ibu ibu yang saat pagi mempunyai sedikit waktu untuk memasak, disamping itu lebih hemat juga karena tidak ada bahan makanan terbuang sia- sia karena sudah sesuai meal plan dan penyimpanan yang baik ,bahan makanan pun awet.

Nah untuk tau lebih dalam tentang tehnik food prep yukk pantengin instagram @ibupintar.indonesia