18/10/2024

Inovasi BI – Dorong BPD Bali Menjadi Penerbit KKI Pertama di Indonesia

 Inovasi BI –  Dorong BPD Bali Menjadi Penerbit KKI Pertama di Indonesia

Bank Indonesia melakukan inovasi keuangan dengan mendigitalkan system pembiayaan dan keuangan pemerintah daerah di Bali dengan program Kartu Kredit Indonesia (KKI). Untuk itu ia mendorong Bank BPD Bali menjadi penerbit KKI untuk pemda di Bali.

 

Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali Erwin Soeriadimadja menyampaikan, penggunaan KKI di Provinsi Bali merupakan wujud nyata percepatan dan perluasan digitalisasi (P2DD). Implementasi KKI merupakan sebuah inovasi dalam belanja daerah yang menjadi ciri khas Bali untuk selalu berinovasi pada digitalisasi daerah.

Baca Juga :  Begini Cara Mitratel Dukung Percepatan Ekonomi Digital Indonesia!

Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya menyambut baik implementasi KKI di Bali. Hal ini merupakan suatu bentuk aksi afirmasi Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI), khususnya pada aspek system pembayaran. Kehadiran KKI dalam belanja daerah Pemerintah Daerah di Bali akan meningkatkan efisiensi biaya transaksi karena proses setelmen KKI dilakukan di Indonesia.

 

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dr. I Wayan Serinah, S.Sos., M.Si. menginstruksikan agar Pemda yang belum memiliki Peraturan Kepala Daerah (Perkada) tentang Kartu
Kredit Pemerintah Daerah (KKPD/KKI) untuk segera menerbitkannya. Perkada sebagai paying hukum dalam mengimplementasikan KKI di lingkungan Pemda di Bali.

Saat ini terdapat 7 dari 10 Pemda di Bali yang telah menerbitkan Perkada tentang KKPD. Implementasi KKI berbasis QRIS juga telah berjalan dan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Bali, Kota Denpasar, Kabupaten Buleleng, dan Kabupaten Tabanan.

Baca Juga :  Srikandi PLN Berdayakan Perempuan-perempuan Tulang Punggung Keluarga di Tabanan

Direktur Utama BPD Bali I Nyoman Sudharma menyampaikan bahwa BPD Bali menjadi Bank Pembangunan Daerah (BPD) pertama di Indonesia yang meluncurkan KKI secara mandiri setelah mendapatkan persetujuan pada 21 Desember 2022. Untuk itu, Bank BPD Bali akan menyiapkan sistem KKI yang
terintegrasi, baik dengan SIPD maupun SIMDA untuk proses penyelesaian transaksi KKI. Selain itu, BPD Bali juga sedang mempersiapkan dokumen untuk keperluan perizinan KKI Fisik.