19/07/2024

HUT Ke-102, RS Darmo Dapat Hadiah Akreditasi Paripurna

 HUT Ke-102, RS Darmo Dapat Hadiah Akreditasi Paripurna

Memasuki usinya ke-102, Rumah Sakit (RS) Darmo yang merupakan salah satu rumah sakit ternama di Kota Surabaya terus berkomitmen memberikan pelayanan berkualitas prima di bidang kesehatan. Hal itu terbukti dari diraihnya akreditasi Paripurna pada tahun lalu.

Direktur RS Darmo, Dr. Sulung Budianto mengatakan bahwa, pada tanggal 15 Januari 2023 RS Darmo Surabaya telah memasuki usianya yang Ke-102. Ini membuktikan bahwa RS Darmo konsisten memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Baca Juga :  Pelaku Penembakan Wanita di Badung Ditangkap

“Terlebih lagi, RS Darmo ini menjadi salah satu Rumah Sakit dengan nilai historis di Surabaya yang telah hadir melayani masyarakat dari generasi ke generasi,” ucap Sulung disela sela Hospital Tour, Kamis, (19/1/23).

HUT ke-102, RS Darmo Surabaya Dapat Hadiah Akreditasi Paripurna/ist

Apalagi, lanjut Sulung, pelayanan di RS Darmo ini didukung oleh teknologi medis modern seperti THULEP, ERCP, ESWL, Endoscopy, Laparoscopy, Hemodialisis dan CT Scan serta fasilitas lengkap meliputi Emergency Unit, Ruang Rawat Inap, Rawat Jalan Umum, Rawat Jalan Anak, Fisioterapi hingga Laboratorium yang siap mendukung proses penyembuhan pasien.

Baca Juga :  Tak Perlu Berobat ke Singapura, Bali Akan Bangun Pariwisata Medis Bertaraf Internasional

“Dan yang membuat kami semua sangat bahagia adalah menjelang HUT Ke-102, RS Darmo mendapatkan hadiah yang luar biasa yaitu telah terakreditasi PARIPURNA sebagai RS dengan Standar Pelayanan bermutu tinggi pada 22 September 2022 lalu,” terangnya.

Menurut Sulung, di usianya yang Ke-102, RS Darmo terus berbenah, mengkaji dan bertransformasi untuk menjawab tantangan di tahun 2023 dengan rencana pengembangan di berbagai aspek.

Aspek tersebut diantaranya adalah pertama, pembangunan IGD baru yang akan tersambung dengan Poliklinik Terpadu. Kedua, relokasi unit Radiologi, unit Laboratorium Sentral dan Fisioterapi.

Ketiga, relokasi dan pembangunan Nephro Center. Keempat, mengembalikan sebagian ruang terbuka hijau. Kelima, pengembangan Layanan Orthopedi (Darmo Orthopaedic Excellence Center) khususnya Sendi (Joints) dan Tulang Belakang (Spine) dimana layanan ini akan berbasis kepada layanan minimally invasive berupa Laparoscopy Spine Surgery dan Arthroscopy Sendi.

Selain itu, juga dilakukan Pengembangan Female Health dengan lokasi baru yang akan dibangun di sisi Selatan gedung Cagar Budaya. Serta, penambahan klinik dan sarana Medical Check Up meliputi klinik Diabet dan Aesthetic. Peningkatan kemampuan kamar operasi dengan update peralatan minimal invasive.

“Khususnya di bidang Urology kita memiliki layanan dengan menggunakan Laser Holmium dan Thulium. Dimana, tidak semua RS memiliki 2 macam laser ini. Ditambah peralatan Bedah Saluran Cerna dan Gynaecology,” tandasnya.

Sulung juga berharap, tahun 2023 ini RS Darmo dapat lebih terdepan dalam melayani masyarakat Indonesia khususnya Surabaya Jawa Timur dalam bidang kesehatan. “Karena, tahun 2023 adalah Tahun RS Darmo Reborn dengan mengusung tagline “Together Caring for People”,” pungkas Sulung.