27/07/2024

Gratis! PLN Bali Segera Ganti  555.970 Meteran Pascabayar dengan Smart Meter

 Gratis! PLN Bali Segera Ganti  555.970 Meteran Pascabayar dengan Smart Meter

Manager Komunikasi PT PLN (Persero) UID Bali, I Made Arya (kiri) dan Manager Efesiensi Pengukuran dan Mutu Distribusi PT PLN (Persero) UID Bali, I Nyoman Jendra

Denpasar-   PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali akan segera mengganti meteran pascabayar dengan smart meter.

Penggantian meteran pasca  bayar tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat ini yakni mulai  awal  Juni  2023 dan ditagetkan bisa rampung pada  akhir tahun ini. “Terkait smart meter, bahwa kami   akan melakukan pergantian  atau pembaharuan meter, khususnya  pascabayar pada  bulan Juni 2023 nanti,” kata Manajer  Komunikasi  PT PLN (Persero) UID  Bali, I Made  Arya  pada temu media yang digelar di Denpasar,  Rabu (31/5/2023).

Arya menjelaskan, bahwa pergantian atau pemberitahuan meter  pascabayar dilakukan tanpa  dipungut biaya atau gratis.

Baca Juga :  "Overcapacity", PLN Sikap Perbaiki Pembangkit dan Sediakan Genzet

Sementara itu, untuk  di Bali dari  jumlah  sekitar 1,6 juta  pelanggan yang ada, sebanyak 555.970  meter  pascabayar yang akan diganti  oleh PLN.

Manager  Efisiensi Pengukuran  dan  Mutu  Distribusi  PT PLN (Persero) UID  Bali,  I Nyoman Jendra   menyampaikan  agar  masyarakat tidak perlu khawatir akan pergantian meteran yang akan dilakukan.  Pasalnya, tidak akan ada  pembedaan pembayaran. Pembayaran untuk  pengguna pasca bayar  masih tetap dilakukan setiap bulannya atau setelah pemakaian. “Tidak ada bedanya  dari meteran yang lama, pakai  dulu baru bayar,” jelasnya lagi.

Dikatakan untuk  mengganti  meter  pascabayar dengan  smart meter tersebut Jendra menjelaskan bahwa PLN menyiapkan sekitar 850 -1.000  tenaga atau teknisi.

Baca Juga :  Pemakaian Meningkat, PLN Sukses Hadirkan Listrik Aman Selama Libur Idul Fitri 2024 di Bali

Menurut  Jendra, bahwa  tujuan  penggantian  meter pascabayar tersebut dengan smart meter  untuk meningkatkan kualitas  pelayanan kepada pelanggan PLN.

Kelebihan smart meter  tersebut yakni  masyarakat bisa langsung berlangganan internet  dengan PLN.  Selain itu petugas  tidak  harus  datang ke rumah  untuk  pengecekan listrik, namun bisa dibaca langsung agar  privasi pemilik rumah atau pelanggan  tidak terganggu.

Lebih  lanjut, Arya menambahkan, bahwa PLN  sudah  membekali  petugas lapangannya  dengan surat tugas  yang akan ditunjukkan  kepada  pelanggan  untuk mengganti  meteran yang dimaksud.

Baca Juga :  YOU Beauty X Hydro Coco Berbagi Pentingnya Hidrasi Kulit dan Tubuh dari Paparan Sinar Matahari

“Apabila pelanggan  atau masyarakat meragukan,  bisa  langsung tanyakan surat tugas  dari petugas kami yang turun ke lapangan.  Karena  SOP-nya, petugas lapangan akan menunjukkan terlebih dahulu surat  tugas kepada pelanggan,” katanya  sembari  mengatakan,  pihaknya sebelumnya  akan mengirim surat kepada  pelanggan  pasca bayar untuk  pergantian tersebut.   (des)