08/09/2024

Beroperasi Sejak 2017, Rumah BUMN Denpasar Binaan PLN Konsisten Lakukan Pendampingan Digitalisasi UMKM

 Beroperasi Sejak 2017, Rumah BUMN Denpasar Binaan PLN Konsisten Lakukan Pendampingan Digitalisasi UMKM

Rumah BUMN Denpasar binaan PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali, konsisten mendampingi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Denpasar sejak berdiri 7 tahun silam untuk siap bersaing di market digital.

 

Pendampingan yang dilakukan sukses mengantarkan 173 UMKM ke berbagai platform market place di Indonesia termasuk market place di PLN Mobile.

Baca Juga :  Tips Menabung Rp 10 Juta Dalam Setahun 

Jumlah ini terus tumbuh dan jika dibandingkan dengan akhir Desember 2023 lalu, pada Juni 2024 pertumbuhan UMKM yang Rumah BUMN Denpasar telah daftarkan mencapai 20 persen.

 

“Kami menargetkan 150 UMKM bisa bergabung menjadi anggota Rumah BUMN Denpasar pada akhir Desember 2024,” kata I Made Abdi Negara, Direktur Rumah BUMN Denpasar.

 

Abdi juga menjelaskan bahwa pendampingan yang dilakukan untuk menyiapkan pelaku UMKM agar bisa _go digital_ antara lain dengan melakukan pelatihan antara lain tentang digital marketing, sosial media management, investasi digital, kelas sosial media Ad’s yang bekerja sama dengan praktisi dan stakeholder terkait.

Baca Juga :  Tenang, Sistem Kelistrikan Nusa Penida Telah Di-backup EBT 3,5 MWp

“UMKM binaan Rumah BUMN Denpasar yang telah _listing_ di berbagai _platform_ marketplace terdiri dari beragam jenis usaha yang bergerak di bidang _craft_, makanan atau minuman olahan, _fashion_, dan lainnya yang memiliki potensi besar untuk memperoleh pasar yang lebih luas,” jelasnya.

 

PT PLN (Persero) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli mendukung peningkatan kapasitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan membangung Rumah BUMN sebagai wadah dalam membina para pelaku UMKM di Denpasar.

 

Pelaksana harian (Plh.) General Manager PT PLN (Persero) UID Bali, Rizky Mochamad menjelaskan sebagai bentuk upaya dalam membina para pelaku UMKM ini PLN membangun infrastruktur pendukung untuk pemasaran produk melalui fitur marketplace di aplikasi PLN Mobile.

 

“Fitur ini dimaksudkan untuk memperluas pemasaran serta diharapkan dapat mendongkrak penjualan produk – produk UMKM,” kata Rizky

 

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa lewat fitur marketplace di PLN Mobile, masyarakat atau pelanggan dapat langsung berbelanja sambil memenuhi kebutuhan listriknya.

 

“Tentu PLN berharap fitur ini dapat dimanfaatkan UMKM untuk melakukan promosi dan pemasaran ke seluruh Indonesia sehingga penjualannya diharapkan semakin besar dan luas,” tutupnya.