08/09/2024

BAN PDM  Bali Laksanakan Rakor Daerah Tahap I Tahun 2024

 BAN PDM  Bali Laksanakan Rakor Daerah Tahap I Tahun 2024

Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah (BAN-PDM) Provinsi Bali melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Daerah Tahap I Tahun 2024 pada Senin—Rabu, 21–23 April di Hotel Hilton Garden Inn Kuta.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memastikan tersusunnya perencanaan yang baik dalam program kerja akreditasi BAN-PDM Provinsi Tahun 2024. “Melalui kegiatan Rakorda I Tahun 2024 ini, diharapkan dapat meningkatkan sinergitas para pihak yang berkepentingan terhadap akreditasi BAN-PDM” ungkap ketua BAN-PDM, Dr.Ni Wayan Mudiarni, S.Pd.,M.M.

Baca Juga :  Yoga Segara--Dikukuhkan Jadi Guru Besar Antropologi Budaya UHN IGB Sugriwa

Tujuan Rakorda BAN-PDM Provinsi Tahap I tahun 2024 adalah Penyamaan persepsi tentang kebijakan dan mekanisme akreditasi sertaprogram kegiatan yang akan dilaksanakan oleh BAN-PDM Provinsi tahun 2024, Sosialisasi program pelaksanaan akreditasi BAN-PDM serta mekanisme penjaminan mutu lainnya, Penyusunan rencana pelaksanaan akreditasi satuan/program pendidikanserta mekanisme penjaminan mutu lainnya.

Penetapan program dan langkah strategi pelaksanaan akreditasi satuan/program pendidikan serta mekanisme penjaminan mutu lainnya;dan Melakukan koordinasi dan membangun sinergi antara BAN-PDM Provinsi dengan BBPMP/BPMP, Dinas Pendidikan Provinsi/Kab/Kota, Kanwil/KantorKemenag, organisasi mitra, serta pemangku kepentingan terkait lainnya untuk suksesnya akreditasi.

Baca Juga :  Lisa Ju Pamerkan Renceum Réjouissances di New York, AS

Dalam kegiatan ini, BAN-PDM menghadirkan narasumber yang mumpuni, di antaranya – Kepala BPMP Provinsi Bali, Sekretaris Disdikpora Provinsi Bali, KASI Pendis Kantor Kementrian Agama Kabupaten Jembrana, dan Sekretaris Umum PGRI Provinsi Bali.

Para narasumber membawakan materi Kebijakan dan Mekanisme Akreditasi BAN-PDM Tahun 2024, Kebijakan BBPMP/BPMP dalam mendorong Dinas Pendidikan Kab/Kota melakukan peningkatan mutu satuan pendidikan, serta mendukungpelaksanaan program akreditasi, Strategi Dinas Pendidikan Provinsi/Kab/Kota dalam membina satuan/program pendidikan untuk meningkatkan mutu layanan, serta mendukung pelaksanaan program akreditasi, Strategi Kanwil/Kantor Kemenag dalam membina satuan/programpendidikan untuk meningkatkan mutu layanan, serta mendukung pelaksanaan program akreditasi dan Dukungan organisasi mitra dalam pelaksanaan akreditasi.

Secara keseluruhan, hasil yang diharapkan dari Rapat Koordinasi Daerah BAN-PDM Provinsi Tahap I tahun 2024 adalah penyamaan persepsi tentang kebijakan dan mekanisme akreditasi sertaprogram kegiatan yang akan dilaksanakan oleh BAN-PDM Provinsi padatahun 2024, tersosialisasikannya program pelaksanaan akreditasi satuan/programpendidikan serta mekanisme penjaminan mutu lainnya, tersusunnya rencana pelaksanaan akreditasi satuan/program pendidikanserta mekanisme penjaminan mutu lainnya.

Ditetapkannya program dan langkah strategi pelaksanaan akreditasisatuan/program pendidikan serta mekanisme penjaminan mutu lainnya, terbangunnya koordinasi dan sinergi antara BAN-PDM Provinsi denganBBPMP/BPMP, Dinas Pendidikan Provinsi/Kab/Kota, Kanwil/KantorKemenag, organisasi mitra, serta pemangku kepentingan terkait lainnya untuk suksesnya akreditasi.

Sesuai dengan Rencana UsulanKegiatan (RUK) BAN-PDM Provinsi, peserta dan sebarannya terdiri atas ranah Anggota BAN-PDM Provinsi, BBPMP/BPMP, Dinas Pendidikan Provinsi/Kab/Kota, Kanwil/Kantor Kemenag, Organisasi Mitra, dan Pemangku kepentingan lain yang terkait. Para peserta berharap kegiatan ini bisa memperlancar akreditasi.